Page 224 - Sustainability Report 2023
P. 224
PROSPERITY PLANET PEOPLE
Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar parameter The results indicate that most service parameters have a gap
layanan memiliki gap di bawah 10 poin. Parameter layanan of less than 10 points. The service parameter with the highest
yang memiliki gap tertinggi adalah parameter Problem gap is Problem Handling, which is 5.12 points. Meanwhile, the
Handling yakni sebesar 5,12 point. Sementara gap terendah lowest gap is in Corporate Image, which is 1.09 points.
adalah Corporate Image yakni sebesar 1,09 poin.
Masyarakat Lokal
Local Community
Pelibatan dan Umpan Balik Masyarakat Lokal Engagement and Feedback from the Local
[413] Community [413]
Keberlanjutan usaha Surveyor Indonesia sangat bergantung The sustainability of Surveyor Indonesia's operations heavily
pada terciptanya hubungan saling menguntungkan antara relies on the establishment of mutually beneficial relationships
seluruh pemangku kepentingan, baik eksternal maupun among all stakeholders, both external and internal, including
internal, termasuk masyarakat di sekitar wilayah operasi the communities surrounding the company's operational
perusahaan. Untuk mencapai tujuan ini, PTSI secara aktif areas. To achieve this goal, PTSI actively involves the local
melibatkan masyarakat lokal dalam memahami dampak community in understanding the impact of PTSI's programs
program dan inisiatif PTSI. Salah satu metode yang and initiatives. One method used is Focus Group Discussions
digunakan adalah Diskusi Kelompok Terarah (FGD) dengan (FGDs) involving various stakeholders, with around 25
melibatkan berbagai pemangku kepentingan, yakni participants at each company intervention location.
sejumlah 25 partisipan di setiap lokasi intervensi Additionally, brief surveys are conducted involving around 30
perusahaan. Selain itu, survei singkat juga dilakukan participants at the same locations.
dengan melibatkan responden sejumlah 30 partisipan di
lokasi yang sama.
Tidak hanya itu, PTSI juga melakukan pemetaan sosial Moreover, PTSI conducts social mapping periodically, every
secara berkala, yaitu setiap empat tahun, guna four years, to evaluate the social situation of the local
mengevaluasi situasi sosial masyarakat setempat dan communities and identify the potential negative impacts of
mengidentifikasi potensi dampak negatif program company programs. PTSI acknowledges that each community
perusahaan. PTSI mengakui bahwa setiap komunitas has unique social conditions, concerns, and demands. Through
memiliki kondisi sosial, keprihatinan, dan tuntutan yang this method, PTSI can better understand the expectations,
unik. Melalui metode ini, PTSI dapat lebih memahami concerns, and needs of the local community and ensure the
harapan, kekhawatiran, dan kebutuhan masyarakat sustainability of programs that have a positive impact on
setempat serta memastikan keberlanjutan program- them.
program yang berdampak positif bagi mereka.
Upaya lainnya yaitu PTSI menggunakan studi Analisis Another effort is PTSI's use of Environmental Impact
Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) untuk Assessment (EIA) studies to evaluate the operational impacts
mengevaluasi dampak operasional di setiap unit lokasinya. at each of its unit locations. Through these EIA analyses, PTSI
Melalui analisis AMDAL ini, PTSI memperoleh informasi obtains comprehensive information about potential impacts
yang komprehensif tentang dampak potensial yang akan that may arise from its activities or projects. The EIA
timbul akibat kegiatan atau proyek yang dilakukannya. documents help provide a deep understanding to decision-
Dokumen AMDAL membantu dalam memberikan makers, communities, and other relevant parties about
pemahaman yang mendalam kepada para pengambil potential environmental impacts. These EIA studies include
keputusan, masyarakat, dan pihak terkait lainnya tentang plans for environmental impact monitoring and management
dampak lingkungan yang mungkin terjadi. Studi AMDAL ini (RKL/RPL), as well as public involvement procedures to verify
meliputi rencana pemantauan dan pengelolaan dampak and confirm the conclusions drawn. Therefore, the EIA
lingkungan (RKL/RPL), serta prosedur keterlibatan publik becomes an important instrument for PTSI in conducting its
untuk memverifikasi dan mengkonfirmasi kesimpulan yang operations while responsibly and sustainably considering
dihasilkan. environmental impacts.
224 Laporan Keberlanjutan 2023 | 2023 Sustainability Report PT Surveyor Indonesia