Page 224 - Sustainability Report 2023
P. 224

PROSPERITY                       PLANET                         PEOPLE





       Hasil  menunjukkan  bahwa  sebagian  besar  parameter   The results indicate that most service parameters have a gap
       layanan memiliki gap di bawah 10 poin. Parameter layanan   of less than 10 points. The service parameter with the highest
       yang  memiliki  gap  tertinggi  adalah  parameter  Problem   gap is Problem Handling, which is 5.12 points. Meanwhile, the
       Handling yakni sebesar 5,12 point. Sementara gap terendah   lowest gap is in Corporate Image, which is 1.09 points.
       adalah Corporate Image yakni sebesar 1,09 poin.



       Masyarakat Lokal


       Local Community

       Pelibatan dan Umpan Balik Masyarakat Lokal           Engagement and Feedback from the Local
       [413]                                                Community [413]
       Keberlanjutan usaha Surveyor Indonesia sangat bergantung   The  sustainability  of  Surveyor  Indonesia's  operations  heavily
       pada terciptanya hubungan saling menguntungkan antara   relies on the establishment of mutually beneficial relationships
       seluruh  pemangku  kepentingan,  baik  eksternal  maupun   among all stakeholders, both external and internal, including
       internal,  termasuk  masyarakat  di  sekitar  wilayah  operasi   the  communities  surrounding  the  company's  operational
       perusahaan.  Untuk  mencapai  tujuan  ini,  PTSI  secara  aktif   areas.  To  achieve  this  goal,  PTSI  actively  involves  the  local
       melibatkan  masyarakat  lokal  dalam  memahami  dampak   community  in  understanding  the  impact  of  PTSI's  programs
       program  dan  inisiatif  PTSI.  Salah  satu  metode  yang   and initiatives. One method used is Focus Group Discussions
       digunakan adalah Diskusi Kelompok Terarah (FGD) dengan   (FGDs)  involving  various  stakeholders,  with  around  25
       melibatkan  berbagai  pemangku  kepentingan,  yakni   participants  at  each  company  intervention  location.
       sejumlah  25  partisipan  di  setiap  lokasi  intervensi   Additionally, brief surveys are conducted involving around 30
       perusahaan.  Selain  itu,  survei  singkat  juga  dilakukan   participants at the same locations.
       dengan  melibatkan  responden  sejumlah  30  partisipan  di
       lokasi yang sama.

       Tidak  hanya  itu,  PTSI  juga  melakukan  pemetaan  sosial   Moreover,  PTSI  conducts  social  mapping  periodically,  every
       secara   berkala,   yaitu   setiap   empat   tahun,   guna   four  years,  to  evaluate  the  social  situation  of  the  local
       mengevaluasi  situasi  sosial  masyarakat  setempat  dan   communities  and  identify  the  potential  negative  impacts  of
       mengidentifikasi   potensi   dampak   negatif   program   company programs. PTSI acknowledges that each community
       perusahaan.  PTSI  mengakui  bahwa  setiap  komunitas   has unique social conditions, concerns, and demands. Through
       memiliki  kondisi  sosial,  keprihatinan,  dan  tuntutan  yang   this  method,  PTSI  can  better  understand  the  expectations,
       unik.  Melalui  metode  ini,  PTSI  dapat  lebih  memahami   concerns,  and  needs  of  the  local  community  and  ensure  the
       harapan,   kekhawatiran,   dan   kebutuhan   masyarakat   sustainability  of  programs  that  have  a  positive  impact  on
       setempat  serta  memastikan  keberlanjutan  program-  them.
       program yang berdampak positif bagi mereka.

       Upaya  lainnya  yaitu  PTSI  menggunakan  studi  Analisis   Another  effort  is  PTSI's  use  of  Environmental  Impact
       Mengenai   Dampak    Lingkungan    (AMDAL)   untuk   Assessment (EIA) studies to evaluate the operational impacts
       mengevaluasi dampak operasional di setiap unit lokasinya.   at each of its unit locations. Through these EIA analyses, PTSI
       Melalui  analisis  AMDAL  ini,  PTSI  memperoleh  informasi   obtains  comprehensive  information  about  potential  impacts
       yang  komprehensif  tentang  dampak  potensial  yang  akan   that  may  arise  from  its  activities  or  projects.  The  EIA
       timbul  akibat  kegiatan  atau  proyek  yang  dilakukannya.   documents  help  provide  a  deep  understanding  to  decision-
       Dokumen    AMDAL    membantu    dalam   memberikan   makers,  communities,  and  other  relevant  parties  about
       pemahaman  yang  mendalam  kepada  para  pengambil   potential  environmental  impacts.  These  EIA  studies  include
       keputusan,  masyarakat,  dan  pihak  terkait  lainnya  tentang   plans for environmental impact monitoring and management
       dampak lingkungan yang mungkin terjadi. Studi AMDAL ini   (RKL/RPL), as well as public involvement procedures to verify
       meliputi  rencana  pemantauan  dan  pengelolaan  dampak   and  confirm  the  conclusions  drawn.  Therefore,  the  EIA
       lingkungan  (RKL/RPL),  serta  prosedur  keterlibatan  publik   becomes  an  important  instrument  for  PTSI  in  conducting  its
       untuk memverifikasi dan mengkonfirmasi kesimpulan yang   operations  while  responsibly  and  sustainably  considering
       dihasilkan.                                          environmental impacts.









       224         Laporan Keberlanjutan 2023   |   2023 Sustainability Report               PT Surveyor Indonesia
   219   220   221   222   223   224   225   226   227   228   229