Page 124 - Sustainability Report 2023
P. 124

Ikhtisar Kinerja Keberlanjutan 2023  Sekilas Tentang PTSI  Tata Kelola Keberlanjutan
                 2023 Sustainability Performance Higlight  A Glance of PTSI  Sustainability Governance




       Untuk  secara  aktif  terlibat  dan  mendengar  dari  berbagai   To  actively  engage  and  listen  to  various  stakeholders  at  all
       pemangku kepentingan di semua tingkatan, baik itu skala   levels,  whether  at  the  local,  regional,  national,  or
       lokal, regional, nasional, maupun internasional. Perusahaan   international  scale,  the  company  adopts  various  diverse
       mengadopsi  berbagai  strategi  yang  beragam.  Karyawan,   strategies.  Employees,  suppliers,  customers,  shareholders,
       pemasok,  pelanggan,  pemegang  saham,  pemerintah,   government,  regulators,  local  communities,  community
       regulator,   komunitas   lokal,   kelompok   masyarakat,   groups,  non-governmental  organizations,  business  partners,
       organisasi  non-pemerintah,  mitra  bisnis,  rekan,  asosiasi   peers, industry associations, and the media are examples of
       industri dan media merupakan contoh kategori penting dari   important  categories  of  stakeholders  for  the  company.
       pemangku kepentingan bagi perusahaan. Melalui interaksi   Through  consistent  interaction  and  communication,  both
       dan komunikasi yang konsisten, baik dalam bentuk formal   formal  and  informal,  the  company  gathers  comments  and
       maupun  informal,  perusahaan  mengumpulkan  komentar   concerns from these stakeholders.
       dan kekhawatiran dari pemangku kepentingan ini.
       Semua  entitas  bisnis  perusahaan  harus  merencanakan,   All  business  entities  of  the  company  must  plan,  implement,
       melaksanakan dan mendokumentasikan berbagai kegiatan   and  document  various  stakeholder  engagement  activities.
       pelibatan  pemangku  kepentingan.  Ini  termasuk  kegiatan   This includes activities such as hosting community forums and
       seperti menyelenggarakan forum masyarakat dan kelompok   consultation  groups,  implementing  complaint  mechanisms
       konsultasi, menerapkan mekanisme pengaduan dan respon   and  responding  to  community  grievances,  representing  in
       terhadap  keluhan  masyarakat,  menjadi  perwakilan  dalam   committees  and  specific  industry  association  initiatives,  as
       komite  dan  inisiatif  asosiasi  industri  tertentu,  serta   well   as   developing   community   programs.   Ongoing
       menyusun  program-program  masyarakat.  Komunikasi    communication with stakeholders interested in engaging with
       berkelanjutan  dengan  pihak-pihak  yang  ingin  dilibatkan   the  company  allows  the  company's  internal  processes  to
       perusahaan  memungkinkan  proses  internal  perusahaan   update  the  identification  and  mapping  of  company
       untuk  memperbarui  identifikasi  dan  pemetaan  pemangku   stakeholders.
       kepentingan perusahaan.

       Staf  perusahaan  secara  aktif  mengikuti  perkembangan   Company  staff  actively  keep  abreast  of  the  latest
       terkini  melalui  berbagai  media  internal,  termasuk  namun   developments through various internal media, including but
       tidak terbatas pada email, buletin, majalah, forum diskusi,   not limited to emails, bulletins, magazines, discussion forums,
       survei,  acara  sosial  dan  pertemuan.  Selain  itu,  pemangku   surveys,   social   events,   and   meetings.   Additionally,
       kepentingan  di  luar  organisasi  konsultatif  untuk  lebih   stakeholders  outside  the  consultative  organization  to  better
       memahami  serta  mengatasi  isu-isu  lingkungan,  sosial  dan   understand  and  address  the  environmental,  social,  and
       ekonomi  yang  ditekankan  dalam  laporan  ini.  Perusahaan   economic issues emphasized in this report. The company also
       juga menyediakan versi bahasa Inggris dan Indonesia dari   provides  English  and  Indonesian  versions  of  internal
       dokumentasi dan pengumuman internal.                  documentation and announcements.

      Sistem Pengaduan dan Pelaporan Pelanggaran


       Complaints and Violation Reporting System


       Komitmen  untuk  mewujudkan  GCG,  PTSI  menerapkan   Komitmen untuk mewujudkan GCG, PTSI menerapkan Sistem
       Sistem  Pelaporan  Pelanggaran  atau  biasa  lebih  dikenal   Pelaporan  Pelanggaran  atau  biasa  lebih  dikenal  dengan
       dengan  whistleblowing  system  (WBS).  Melalui  penerapan   whistleblowing system (WBS). Melalui penerapan sistem WBS
       sistem WBS ini bertujuan untuk mengurangi berbagai risiko   ini  bertujuan  untuk  mengurangi  berbagai  risiko  apabila
       apabila  terjadi  pelanggaran  dan  menjadi  alat  untuk   terjadi  pelanggaran  dan  menjadi  alat  untuk  melaporkan
       melaporkan  dalam  upaya  mencegah  dan  mendeteksi   dalam   upaya   mencegah   dan   mendeteksi   berbagai
       berbagai  kemungkinan  terjadinya  pelanggaran  etika  dan   kemungkinan terjadinya pelanggaran etika dan hukum.
       hukum.
       Pembaharuan  WBS  dilakukan  oleh  PTSI  pada  tahun  2020,   Pembaharuan  WBS  dilakukan  oleh  PTSI  pada  tahun  2020,
       dengan dikeluarkannya Nomor Dokumen: SKB-001/DRU-X/   dengan  dikeluarkannya  Nomor  Dokumen:  SKB-001/DRU-X/
       SPI/2020   terkait   sistem   pelaporan   pelanggaran   SPI/2020   terkait   sistem   pelaporan   pelanggaran
       (whistleblowing System) yang telah disahkan pada tanggal   (whistleblowing System) yang telah disahkan pada tanggal 21
       21 September 2020. [2-25][205][OJK F.4]               September 2020. [2-25][205][OJK F.4]







       124         Laporan Keberlanjutan 2023   |   2023 Sustainability Report               PT Surveyor Indonesia
   119   120   121   122   123   124   125   126   127   128   129